Pohon Industri Damar

Pohon Industri Damar


Pohon Industri Damar - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, menjadi diantara satu pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang lantas dibuat jadi kopal serta dijadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) sebagai tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tapi saat ini udah dibudidayakan di banyak tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan istilah damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dimanfaatkan untuk penyebutan resin (getah) yg dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea serta Hopea. dan getah pohon damar (Agathis dammara) amat sering dikatakan sebagai kopal. Selain itu, pemakaian arti kayu damar jadi dimanfaatkan untuk penyebutan kayu dari pohon model Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjual-belikan jadi kayu Agatis.

ciri-ciri pohon damar punya batang pohon dengan ukuran dapat menggapai lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar bisa menggapai lebih dari 1 meter. sisi luar kayu dapat ditumbuhi oleh bermacam jenis pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar punyai ciri-ciri bentuk lonjong dan meruncing pada sisi ujung kecil dengan ukuran sekitar 2 hingga 8 cm. pohon ini juga hasilkan biji dengan ukuran kurang lebih 7-9 cm buat diameter.


Pohon Industri Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Industri Damar


Pohon Industri Damar


Damar atau resin bagi beberapa orang merupakan satu diantara zat asing yg mungkin pemakaiannya tidak bisa diakui dengan cara segera. Pada dasarnya ada dua jenis resin yang dibuat dari pohon damar, yaitu jenis resin yang padat dan cair. Resin padat sebetulnya berasal dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tak punyai aroma yg unik seperti type resin cair. di bawah ini adalah sebagian faedah damar.

1. jadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yang dibuat oleh pohon damar dapat digunakan sebagai salah satunya bahan untuk membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki karakter serta pembawaan yang bisa membuahkan bubuk kertas berkualitas. bahkan juga model bubuk kertas yang dihasilkan dari pohon damar punyai tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat untuk bahan membuat kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi product Industri

Damar banyak juga dijadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar mau di ambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah dapat dibiarkan menumpuk dan mengering pada tempat teristimewa. Luka sayatan utk keluarkan getah juga akan di buat setiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. selanjutnya getah yang udah jadi kering mau diambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yg dihasilkan dari pemrosesan getah banyak digunakan untuk membuat bermacam produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar memiliki ciri pohon yang enteng ditemukan serta bisa ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yg sudah besar biasanya dapat membuat perlindungan rusaknya tanah dan menghambat kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang didapatkan dari getah yg sudah mengeras juga diperkembang menjadi obat untuk penyakit problem memori. Amerika menjadi satu diantara peneliti yang ambil subyek pengobatan dengan damar. Getah damar miliki satu diantara model enzim yang dapat jadi perantara utk memperbaiki memori serta menaikkan rasa nyaman untuk penderita penyakit gangguan memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan diantara satu senyawa aktif yg dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikannya dampak yg sangat besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa diketemukan dalam pohon damar jadi getah damar dapat jadi obat yg benar-benar ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada zaman dahulu getah damar juga dapat jadi diantara satu bahan bakar pengganti. Getah damar dapat hasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti model bahan bakar beda. Bukan mustahil satu pas dapat terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

Jenis recin cair banyak diperlukan sebagai satu diantara komponen resin aromatik. Produk ini dapat jadikan untuk buat obat teristimewa untuk menghindar nyamuk, obat – obatan buat jamur serta beraneka model produk beda.

8. Obat tradisionil

Pada masa dulu orang tua seringkali memakai damar jadi tanaman obat utk menanggulangi berbagai style penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga dan sakit mata. sampai sekarang komponen senyawa aromatik yg ciri khas dari damar masih di kembangkan jadi obat-obatan termasuk juga obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga diperlukan sebagai salah satunya bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerap memakai bahan damar untuk obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar pula banyak diserap industri untuk bikin cat, lilin dan bermacam bahan pewarna beda.

Keuntungan Memakai Damar



Damar atau resin yg diperoleh dari pohon damar memang miliki faedah yang begitu besar untuk industri. Resin atau damar banyak digunakan jadi bahan industri termasuk zat pewarna serta berbagai style obat-obatan. di bawah ini yaitu lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin yaitu bahan yg sangat aman utk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tdk beresiko pada lingkungan dan gampang dikendalikan. cost industri utk pemrosesan damar atau resin termasuk dalam biaya yg rendah jadi dapat memberi dukungan perubahan industri. karakter kimia serta mekanik yang diketemukan pada bahan damar sangat untungkan untuk lingkungan maka dapat diperkembangkan.

Resin atau damar masih dapat di kembangkan menjadi beraneka type obat-obatan yang berfaedah untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan Lokasi

tempat yang tepat buat tumbuhnya pohon damar merupakan area di ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang tahun, dan mempunyai tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dijalankan dari biji atau dari anakan yang ada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diistemewakan lantaran kualitasnya tambah baik. utk pembibitan melalui biji, diperlukan biji tua memiliki kwalitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai didalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yang telah berisi tanah yang subur serta di beri pupuk. Polibag mesti disusun rapi di bawah naungan supaya media semai tidak cepat kering serta benih bisa tumbuh dng cepat. Perawatan dijalankan dengan penyiraman tiap tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. diluar itu, perlu dilakukan seleksi bibit yg tidak bisa tumbuh dengan baik. Setelah berumur seputar 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dijalankan lewat cara tumpang sari dengan tanaman sela berupa tanaman pangan atau holtikultura. Untuk persiapan lahannya, butuh dilakukan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. oleh sebab itu, harus dipersiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. umumnya digunakan akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini hanya punya sifat sementara sekitaran 2 th.. Setelah damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini mampu diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dijalankan dimuka musim hujan yang disebut sementara baik untuk menjamin ketersediaan pasokan air makanya bibit dapat tumbuh dengan baik hingga pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus betul-betul diseleksi bibit yg siap tanam dengan situasi yg baik. Penanaman mesti ditunaikan dengan hati-hati supaya bibit tak rusak, lebih-lebih pas menyobek polibag supaya jangan sempat menyebabkan kerusakan akar pohon.
utk penanaman tanaman sela, dilakukan sama sesuai kepentingan tanam tanaman sela yang di pilih. Pemilihan tanaman sela harus dilakukan dengan memperhatikan perputaran tanaman. sistim tumpang sari sesuai sama ini akan memberikan manfaat lebih pada petani lantaran dapat beroleh pendapatan dari tanaman sela selama menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dijalankan yaitu penyulaman jikalau ada pohon yg mati serta penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman ditunaikan dimuka masa tanam sampai sebagian minggu. Untuk penyiangan gulma, pada intinya hanya dibutuhkan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta telah tak terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yang berada disekelilingnya. namun semakin tambah baik bila penyiangan dikerjakan lebih rutin agar lantai rimba lebih bersih hingga semakin lebih gampang dalam perawatan tanaman sela dan juga sementara panen nanti.

pemanfaatan tanaman sela biasanya tidaklah terlalu lama, kisarannya merupakan usia 4 th.. Selama masih ada tanaman sela, pohon damar tak perlu diberi pupuk. Setelah tak ada tanaman sela, barulah diberikan pupuk untuk menjamin ketersediaan nutrisi dan pohon damar bisa tumbuh dengan terbaik.


Pohon Industri Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Damar Adalah

Pohon Kayu Damar Laut

Mengapa Pohon Damar Terancam Punah