Pohon Getah Damar

Pohon Getah Damar


Pohon Getah Damar - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, merupakan diantara pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yang lalu dibuat jadi kopal serta jadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) merupakan tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. Namun saat ini sudah dibudidayakan di berbagai tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan makna damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga diperlukan utk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh beberapa pohon dari genus Shorea dan Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) amat sering disebut yaitu kopal. Selain itu, penggunaan istilah kayu damar tambah dipakai untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

pembawaan pohon damar punya batang pohon dengan ukuran bisa menggapai lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar dapat menjangkau lebih dari 1 meter. Bagian luar kayu juga akan ditumbuhi oleh beragam type pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar mempunyai sifat bentuk lonjong serta meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran lebih kurang 2 sampai 8 cm. pohon ini juga hasilkan biji dengan ukuran seputar 7-9 cm untuk diameter.


Pohon Getah Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Getah Damar


Pohon Getah Damar


Damar atau resin untuk sebagian orang adalah diantara satu zat asing yg mungkin saja penggunaannya tdk bisa diakui dengan langsung. secara prinsip ada dua style resin yang dibuat dari pohon damar, yakni jenis resin yg padat dan cair. Resin padat sesungguhnya berasal dari resin cair yg udah menguap. Resin padat tidak memiliki aroma yg khas seperti tipe resin cair. berikut ini adalah berapa faedah damar.

1. Menjadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar dapat diperlukan menjadi di antara bahan utk hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punyai sifat serta ciri-khas yg bisa menghasilkan bubuk kertas memiliki kualitas. Bahkan model bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar punyai tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat utk bahan bikin kontruksi rumah.

2. jadi product Industri

Damar banyak juga dijadikan tanamam pertanian buat di ambil getahnya. Getah damar akan diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah dapat dilewatkan menumpuk serta mengering pada tempat privat. Luka sayatan utk mengeluarkan getah akan dibuat tiap-tiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. Setelah itu getah yang udah jadi kering akan di ambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yg dibuat dari pengolahan getah banyak digunakan utk membuat beraneka produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar punya sifat pohon yang enteng ditemukan dan dapat ditanam dimanapun. Selain itu ukuran pohon yang telah besar rata-rata bisa melindungi kerusakan tanah serta menghambat kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yg ditemui dari getah yg telah mengeras juga diperkembangkan menjadi obat untuk penyakit problem memori. Amerika menjadi di antara peneliti yg ambil subjek pengobatan dengan damar. Getah damar mempunyai salah satu style enzim yg dapat menjadi perantara untuk memperbaiki memori serta tingkatkan rasa nyaman untuk pasien penyakit gangguan memori.

5. Obat untuk HIV

Getah dari pohon damar juga mengandung diantara senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan pengaruh yg begitu besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa diketemukan dalam pohon damar sehingga getah damar bisa jadi obat yang benar-benar ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dahulu getah damar bisa juga jadi salah satu bahan bakar pengganti. Getah damar dapat menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti type bahan bakar beda. bukanlah tidak bisa satu pas bisa tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

type recin cair banyak dimanfaatkan jadi salah satunya komponen resin aromatik. product ini bisa jadikan untuk buat obat spesial untuk mencegah nyamuk, obat – obatan buat jamur serta beragam type produk beda.

8. Obat tradisionil

Pada zaman dulu orang tua kerapkali pakai damar menjadi tanaman obat untuk mengatasi berbagai model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, kendala pada telinga dan sakit mata. Hingga saat ini komponen senyawa aromatik yg ciri khas dari damar masih tetap diperkembang sebagai obat-obatan termasuk juga obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar juga banyak dipakai menjadi diantara satu bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerapkali memakai bahan damar buat obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar banyak juga diserap industri utk buat cat, lilin dan beragam bahan pewarna lain.

Keuntungan Memakai Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar memanglah punyai faedah yang benar-benar besar untuk industri. Resin atau damar banyak diperlukan menjadi bahan industri termasuk juga zat pewarna serta bermacam type obat-obatan. berikut merupakan sebagian keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada intinya resin adalah bahan yg sangatlah aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak berdampak pada lingkungan dan gampang dikendalikan. ongkos industri untuk pengolahan damar atau resin termasuk dalam biaya yg rendah jadi dapat mensupport perkembangan industri. pembawaan kimia serta mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga sangat menguntungkan buat lingkungan hingga bisa diperkembang.

Resin atau damar masih tetap dapat diperkembangkan jadi bermacam style obat-obatan yang bermanfaat untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan tempat

Lokasi yang pas buat tumbuhnya pohon damar yaitu ruang pada ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama tahun, serta memiliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat ditunaikan dari biji atau dari anakan yg berada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diistemewakan karena kwalitetnya lebih baik. Untuk pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua bermutu tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yang sudah berisi tanah yg subur serta diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan biar media semai tak cepat kering serta benih dapat tumbuh secara cepat. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman setiap sore serta pembersihan gulma dengan teratur. diluar itu, butuh dilakukan seleksi bibit yang tidak dapat tumbuh dengan baik. sehabis berusia lebih kurang 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dilakukan melalui cara tumpang sari dengan tanaman sela bersifat tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, perlu dikerjakan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. Oleh karena itu, harus disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. umumnya dipakai akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma miliki sifat sementara kira-kira 2 tahun. sehabis damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini bisa diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan dimuka musim hujan sebagai selagi baik utk menanggung ketersediaan suplai air makanya bibit dapat tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman mesti sungguh-sungguh dipilih bibit yang siap tanam dengan kondisi yang baik. Penanaman harus dilakukan dengan hati-hati agar bibit tidak rusak, lebih-lebih selagi menyobek polibag supaya jangan lantas mengakibatkan kerusakan akar pohon.
utk penanaman tanaman sela, dilaksanakan sesuai dengan kepentingan tanam tanaman sela yang di ambil. penentuan tanaman sela mesti dilaksanakan dengan perhatikan rotasi tanaman. Sistem tumpang sari sesuai sama ini akan memberikannya fungsi lebih pada petani dikarenakan dapat memperoleh penghasilan dari tanaman sela selagi menunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dijalankan merupakan penyulaman jikalau ada pohon yang mati serta penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilaksanakan dimuka masa tanam sampai berapa minggu. utk penyiangan gulma, secara prinsip cuma dibutuhkan hingga pohon damar tumbuh cukup besar serta sudah tidak terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang berada di sekelilingnya. tapi akan lebih baik kalau penyiangan ditunaikan lebih rutin biar lantai rimba lebih bersih hingga akan tambah gampang dalam perawatan tanaman sela dan kala panen kelak.

pemakaian tanaman sela kebanyakan tidaklah terlalu lama, kisarannya adalah umur 4 th.. Selagi masihlah ada tanaman sela, pohon damar tidaklah perlu diberikan pupuk. Setelah tidak ada tanaman sela, barulah diberi pupuk untuk menjamin ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan maksimal.


Pohon Getah Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Damar Adalah

Pohon Kayu Damar Laut

Mengapa Pohon Damar Terancam Punah