Mengapa Pohon Damar Terancam Punah

Mengapa Pohon Damar Terancam Punah


Mengapa Pohon Damar Terancam Punah - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, ialah diantara satu pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yang selanjutnya diproses jadi kopal dan jadikan bahan baku bermacam industri. Pohon damar (Agathis dammara) ialah tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. akan tetapi kini sudah dibudidayakan di beberapa tempat lain termasuk juga di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan arti damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga difungsikan untuk penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh beberapa pohon dari genus Shorea serta Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) amat sering disebut yaitu kopal. Selain itu, pemanfaatan istilah kayu damar malah difungsikan utk penyebutan kayu dari pohon model Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

pembawaan pohon damar memiliki batang pohon dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar bisa menjangkau lebih dari 1 mtr.. Bagian luar kayu mau ditumbuhi oleh berbagai tipe pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar mempunyai ciri-ciri bentuk lonjong dan meruncing pada sisi ujung kecil dengan ukuran kurang lebih 2 sampai 8 cm. pohon ini juga hasilkan biji dengan ukuran sekitaran 7-9 cm untuk diameter.


Mengapa Pohon Damar Terancam Punah


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Mengapa Pohon Damar Terancam Punah


Mengapa Pohon Damar Terancam Punah


Damar atau resin untuk sebagian orang yaitu diantara satu zat asing yang mungkin saja pemakaiannya tak dapat diakui dengan segera. pada intinya ada dua style resin yg dibuat dari pohon damar, yakni style resin yang padat dan cair. Resin padat sebetulnya berasal dari resin cair yang udah menguap. Resin padat tidak mempunyai aroma yang khas seperti jenis resin cair. di bawah ini adalah sebagian manfaat damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar dapat diperlukan menjadi di antara bahan utk hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar mempunyai pembawaan serta sifat yang dapat hasilkan bubuk kertas bermutu. Bahkan model bubuk kertas yang dihasilkan dari pohon damar mempunyai tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar juga banyak dimanfaat untuk bahan bikin kontruksi tempat tinggal.

2. jadi product Industri

Damar pula banyak dijadikan tanamam pertanian utk diambil getahnya. Getah damar dapat di ambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah akan dibiarkan menumpuk serta jadi kering pada tempat pribadi. Luka sayatan untuk keluarkan getah bakal di buat tiap tiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. seterusnya getah yang telah mengering juga akan diambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yang dihasilkan dari pemrosesan getah banyak difungsikan buat bikin berbagai product lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar juga banyak jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar memiliki sifat pohon yg enteng ditemukan serta bisa ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yg sudah besar kebanyakan bisa buat perlindungan rusaknya tanah dan menahan kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yang udah mengeras juga di kembangkan jadi obat buat penyakit gangguan memori. Amerika jadi diantara satu peneliti yg mengambil subyek penyembuhan dengan damar. Getah damar punya satu diantara tipe enzim yang dapat jadi penghubung utk melakukan perbaikan memori dan meningkatkan rasa nyaman untuk penderita penyakit masalah memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mengandung satu diantara senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan efek yg begitu besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini cuma bisa ditemukan dalam pohon damar hingga getah damar dapat menjadi obat yg sangatlah ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada zaman dulu getah damar bisa juga menjadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa hasilkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti tipe bahan bakar lain. Bukan tidak mungkin suatu waktu dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak dipakai jadi diantara satu komponen resin aromatik. Produk ini dapat dijadikan buat buat obat privat untuk menahan nyamuk, obat – obatan utk jamur dan berbagai model produk beda.

8. Obat tradisionil

Pada era dulu orangtua sering menggunakan damar sebagai tanaman obat buat mengatasi bermacam tipe penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, kendala pada telinga dan juga sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yg ciri khas dari damar masih tetap dikembangkan jadi obat-obatan termasuk juga obat utk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga difungsikan jadi diantara satu bahan pewarna alami. Batik tradisional sering pakai bahan damar untuk obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar banyak juga diserap industri utk buat cat, lilin serta bermacam bahan pewarna lain.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar benar-benar miliki faedah yg begitu besar buat industri. Resin atau damar banyak dimanfaatkan menjadi bahan industri termasuk juga zat pewarna serta bermacam type obat-obatan. inilah yaitu beberapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

Pada dasarnya resin adalah bahan yg sangatlah aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tak beresiko pada lingkungan dan enteng dikendalikan. Biaya industri untuk pengolahan damar atau resin termasuk juga dalam cost yang rendah makanya dapat memberi dukungan perubahan industri. karakter kimia dan mekanik yang diketemukan pada bahan damar sangat untungkan buat lingkungan jadi bisa di kembangkan.

Resin atau damar masih bisa dikembangkan jadi beragam jenis obat-obatan yang berguna untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan Lokasi

Lokasi yang tepat untuk tumbuhnya pohon damar merupakan ruangan pada ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang tahun, serta memiliki tanah yg subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dilaksanakan dari biji atau dari anakan yang ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diistemewakan dikarenakan mutunya lebih baik. Untuk pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua memiliki kwalitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai didalam polibag berukuran ½ kilo yg sudah di isi dengan tanah yang subur dan di beri pupuk. Polibag harus disusun rapi dibawah naungan supaya media semai tak cepat kering serta benih dapat tumbuh selekasnya. Perawatan dilaksanakan dengan penyiraman setiap sore serta pembersihan gulma secara teratur. Selain itu, butuh dijalankan seleksi bibit yang tidak dapat tumbuh dengan baik. Setelah berusia kurang lebih 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dilakukan lewat cara tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, butuh dikerjakan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar memerlukan naungan. oleh sebab itu, mesti dipersiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. rata-rata diperlukan akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini hanya bersifat sesaat kira-kira 2 tahun. sehabis damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini mampu ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dijalankan di awal musim hujan sebagai selagi baik utk menjamin ketersediaan suplai air sehingga bibit dapat tumbuh dengan baik hingga pohon jadi kuat. Dalam penanaman mesti benar-benar diseleksi bibit yang siap tanam dengan keadaan yang baik. Penanaman harus dilaksanakan dengan hati-hati agar bibit tidak rusak, lebih-lebih pas menyobek polibag agar jangan sampai merusak akar pohon.
utk penanaman tanaman sela, dilaksanakan sama sesuai kepentingan tanam tanaman sela yang di ambil. Pemilihan tanaman sela harus ditunaikan dengan menyimak rotasi tanaman. sistim tumpang sari mirip ini bakal memberikannya faedah lebih pada petani karna dapat memperoleh pendapatan dari tanaman sela selagi tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg ditunaikan yaitu penyulaman seumpama ada pohon yang mati dan penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dikerjakan diawal masa tanam hingga lebih dari satu minggu. Untuk penyiangan gulma, secara prinsip cuma dibutuhkan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta udah tdk terganggu kembali oleh tumbuhan-tumbuhan beda yg ada disekitarnya. namun semakin tambah baik misalnya penyiangan dikerjakan lebih rutin biar lantai rimba lebih bersih maka akan lebih mudah dalam perawatan tanaman sela serta waktu panen kelak.

Penggunaan tanaman sela biasanya tidak terlalu lama, kisarannya adalah usia 4 tahun. Selama masih ada tanaman sela, pohon damar tidaklah perlu diberi pupuk. sesudah tdk ada tanaman sela, baru diberi pupuk utk menjamin ketersediaan nutrisi serta pohon damar bisa tumbuh dengan terbaik.


Mengapa Pohon Damar Terancam Punah


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Damar Adalah

Pohon Kayu Damar Laut