Ciri Ciri Pohon Damar

Ciri Ciri Pohon Damar


Ciri Ciri Pohon Damar - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, adalah salah satunya pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang kemudian di proses jadi kopal serta jadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) sebagai tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tetapi kini telah dibudidayakan di banyak tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemakaian istilah damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga digunakan buat penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) sangat sering disebut yaitu kopal. Selain itu, penggunaan makna kayu damar tambah digunakan untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

ciri pohon damar punya batang pohon dengan ukuran bisa menjangkau lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar bisa menjangkau lebih dari 1 meter. area luar kayu bakal ditumbuhi oleh beraneka tipe pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar memiliki karakter bentuk lonjong dan meruncing pada sisi ujung kecil dengan ukuran kurang lebih 2 hingga 8 cm. pohon ini hasilkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm untuk diameter.


Ciri Ciri Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Ciri Ciri Pohon Damar


Ciri Ciri Pohon Damar


Damar atau resin untuk beberapa orang yaitu salah satu zat asing yang mungkin saja penggunaannya tdk bisa disadari dengan cara langsung. pada intinya ada dua tipe resin yang dibuat dari pohon damar, yakni jenis resin yang padat dan cair. Resin padat sebetulnya berasal dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tidak punya aroma yg khas seperti model resin cair. dibawah berikut ini merupakan sebagian kegunaan damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar dapat dipakai menjadi diantara satu bahan utk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar miliki pembawaan serta sifat yg dapat hasilkan bubuk kertas memiliki kualitas. bahkan juga jenis bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar punyai tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar pula banyak dimanfaat utk bahan membuat kontruksi tempat tinggal.

2. jadi product Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian untuk di ambil getahnya. Getah damar bakal diambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah juga akan dibiarkan menumpuk dan jadi kering pada tempat khusus. Luka sayatan untuk keluarkan getah dapat di buat setiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. kemudian getah yg telah mengering akan diambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yg dibuat dari pemrosesan getah banyak digunakan buat membuat beragam produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar juga banyak jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar punyai sifat pohon yang mudah ditemukan dan dapat ditanam dimana saja. diluar itu ukuran pohon yang udah besar biasanya bisa buat perlindungan rusaknya tanah dan menghambat kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang ditemui dari getah yang udah mengeras juga dikembangkan menjadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika menjadi diantara peneliti yang mengambil subjek penyembuhan dengan damar. Getah damar mempunyai salah satu model enzim yang dapat menjadi penghubung buat memperbaiki memori serta menaikkan rasa nyaman untuk pasien penyakit problem memori.

5. Obat untuk HIV

Getah dari pohon damar juga mengandung satu diantara senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan dampak yg begitu besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini cuma bisa ditemukan dalam pohon damar maka getah damar dapat menjadi obat yg sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dulu getah damar juga dapat menjadi satu diantara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar beda. Bukan mustahil suatu selagi dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

Jenis recin cair banyak digunakan sebagai salah satu komponen resin aromatik. Produk ini bisa jadikan untuk bikin obat khusus utk mencegah nyamuk, obat – obatan buat jamur dan beragam jenis product lain.

8. Obat Tradisional

Pada era dulu orang-tua kerapkali memakai damar sebagai tanaman obat buat mengatasi bermacam model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, persoalan pada telinga dan sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masih tetap diperkembangkan menjadi obat-obatan termasuk obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak dimanfaatkan menjadi di antara bahan pewarna alami. Batik tradisional sering pakai bahan damar utk obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri untuk buat cat, lilin dan beraneka bahan pewarna lain.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar memanglah memiliki fungsi yg sangat besar buat industri. Resin atau damar banyak digunakan jadi bahan industri termasuk juga zat pewarna serta beraneka style obat-obatan. Berikut ini yaitu lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

secara prinsip resin yaitu bahan yang benar-benar aman utk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak berefek pada lingkungan dan mudah dikendalikan. ongkos industri buat pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam cost yg rendah hingga dapat beri dukungan perubahan industri. pembawaan kimia dan mekanik yg ditemukan pada bahan damar juga sangat untungkan untuk lingkungan jadi dapat dikembangkan.

Resin atau damar masihlah dapat dikembangkan jadi beraneka tipe obat-obatan yang bermanfaat untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan area

Lokasi yang persis utk tumbuhnya pohon damar yaitu ruangan pada ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., serta miliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa ditunaikan dari biji atau dari anakan yg ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan lantaran mutunya tambah baik. buat pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua berkwalitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai di dalam polibag mempunyai ukuran ½ kilo yg sudah diisi dengan tanah yang subur dan diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan supaya media semai tak cepat kering dan benih bisa tumbuh secara cepat. Perawatan dilaksanakan dengan penyiraman tiap tiap sore dan pembersihan gulma secara teratur. diluar itu, perlu ditunaikan seleksi bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik. sehabis berumur kira-kira 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat ditunaikan melalui cara tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. buat persiapan lahannya, butuh dilakukan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. Oleh karena itu, mesti disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. rata-rata digunakan akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma berwujud sesaat sekitar 2 tahun. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini sanggup diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman ditunaikan dimuka musim hujan yang disebut selagi baik untuk menanggung ketersediaan pasokan air jadi bibit dapat tumbuh dengan baik hingga pohon jadi kuat. Dalam penanaman mesti benar-benar diseleksi bibit yg siap tanam dengan situasi yang baik. Penanaman harus dilaksanakan dengan hati-hati supaya bibit tidak rusak, khususnya waktu menyobek polibag supaya jangan lantas menyebabkan kerusakan akar pohon.
buat penanaman tanaman sela, dilakukan sama sesuai kepentingan tanam tanaman sela yg di pilih. penentuan tanaman sela harus dikerjakan dengan mencermati rotasi tanaman. sistim tumpang sari begini bakal memberikan faedah lebih pada petani karna dapat mendapatkan pendapatan dari tanaman sela selama tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang ditunaikan merupakan penyulaman apabila ada pohon yg mati serta penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman ditunaikan diawal masa tanam hingga lebih dari satu minggu. Untuk penyiangan gulma, secara prinsip cuma diperlukan hingga pohon damar tumbuh cukup besar dan udah tidak terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yang berada di sekitarnya. tapi semakin lebih baik sekiranya penyiangan dilakukan lebih teratur biar lantai rimba lebih bersih makanya akan lebih mudah dalam perawatan tanaman sela serta saat panen nanti.

Penggunaan tanaman sela umumnya tidaklah terlalu lama, kisarannya yaitu usia 4 th.. Selama masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tak perlu diberikan pupuk. Setelah tiada tanaman sela, baru diberi pupuk utk menanggung ketersediaan nutrisi dan pohon damar dapat tumbuh dengan maksimal.


Ciri Ciri Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Damar Adalah

Pohon Kayu Damar Laut

Mengapa Pohon Damar Terancam Punah