Pohon Kayu Damar Laut

Pohon Kayu Damar Laut


Pohon Kayu Damar Laut - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, adalah satu diantara pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yang lalu di proses menjadi kopal serta jadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) ialah tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. Namun waktu ini telah dibudidayakan di berapa tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan makna damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dimanfaatkan utk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea serta Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering dikatakan sebagai kopal. diluar itu, pemanfaatan makna kayu damar malah difungsikan untuk penyebutan kayu dari pohon tipe Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjualbelikan menjadi kayu Agatis.

Karakter pohon damar punya batang pohon dengan ukuran bisa menggapai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar dapat meraih lebih dari 1 mtr.. sisi luar kayu akan ditumbuhi oleh bermacam jenis pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar mempunyai ciri-ciri bentuk lonjong serta meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran sekitar 2 sampai 8 cm. pohon ini juga menghasilkan biji dengan ukuran kira-kira 7-9 cm untuk diameter.


Pohon Kayu Damar Laut


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Kayu Damar Laut


Pohon Kayu Damar Laut


Damar atau resin untuk beberapa orang yaitu di antara zat asing yg mungkin saja penggunaannya tidak bisa disadari dengan segera. pada intinya ada dua jenis resin yang dibuat dari pohon damar, yakni jenis resin yg padat dan cair. Resin padat memang berasal dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tak miliki aroma yg ciri khas seperti jenis resin cair. Dibawah ini yaitu berapa manfaat damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar bisa difungsikan sebagai salah satu bahan untuk membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punyai sifat serta pembawaan yg bisa hasilkan bubuk kertas berkualitas. bahkan juga jenis bubuk kertas yang dihasilkan dari pohon damar punyai tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak pula dimanfaat untuk bahan bikin kontruksi rumah.

2. Menjadi product Industri

Damar banyak pula dijadikan tanamam pertanian untuk di ambil getahnya. Getah damar juga akan di ambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah dapat dibiarkan menumpuk dan jadi kering pada tempat pribadi. Luka sayatan utk keluarkan getah juga akan dibuat tiap-tiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. seterusnya getah yg sudah mengering mau diambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yang dibuat dari pengolahan getah banyak digunakan untuk membuat beraneka produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar punya karakter pohon yang enteng diketemukan dan bisa ditanam dimana saja. diluar itu ukuran pohon yg telah besar kebanyakan bisa buat perlindungan rusaknya tanah dan menghambat kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang ditemui dari getah yg sudah mengeras juga diperkembangkan jadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika jadi diantara satu peneliti yang mengambil subjek pengobatan dengan damar. Getah damar punya diantara model enzim yg bisa jadi perantara buat memperbaiki memori serta tingkatkan rasa nyaman buat penderita penyakit masalah memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga punya kandungan diantara satu senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan dampak yang benar-benar besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini cuma bisa ditemukan dalam pohon damar hingga getah damar bisa menjadi obat yang sangatlah ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada masa dahulu getah damar juga bisa menjadi diantara satu bahan bakar pengganti. Getah damar dapat menghasilkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti tipe bahan bakar beda. bukan hanya mustahil satu selagi dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak diperlukan jadi salah satunya komponen resin aromatik. product ini bisa dijadikan untuk buat obat teristimewa untuk menghambat nyamuk, obat – obatan untuk jamur serta beraneka style product beda.

8. Obat tradisionil

Pada jaman dahulu orangtua sering menggunakan damar sebagai tanaman obat untuk menangani bermacam style penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, problem pada telinga dan juga sakit mata. sampai sekarang komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masihlah dikembangkan sebagai obat-obatan termasuk juga obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak pula digunakan menjadi satu diantara bahan pewarna alami. Batik tradisionil sering pakai bahan damar utk obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar banyak pula diserap industri untuk bikin cat, lilin dan berbagai bahan pewarna beda.

Keuntungan Memakai Damar



Damar atau resin yg didapatkan dari pohon damar memang miliki fungsi yg begitu besar buat industri. Resin atau damar banyak dimanfaatkan sebagai bahan industri termasuk juga zat pewarna dan berbagai tipe obat-obatan. Berikut ini yaitu lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin adalah bahan yang begitu aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tdk beresiko pada lingkungan dan mudah dikendalikan. ongkos industri utk pengolahan damar atau resin termasuk juga dalam cost yang rendah makanya bisa mendukung perubahan industri. karakter kimia serta mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga sangat untungkan untuk lingkungan makanya dapat diperkembang.

Resin atau damar masihlah dapat dikembangkan menjadi beraneka style obat-obatan yang bermanfaat buat manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan area

tempat yg pas untuk tumbuhnya pohon damar merupakan area pada ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., dan memiliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dijalankan dari biji atau dari anakan yang berada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diistemewakan karna kualitasnya lebih baik. Untuk pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua berkwalitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yg sudah berisi tanah yang subur dan di beri pupuk. Polibag harus disusun rapi di bawah naungan agar media semai tidak cepat kering dan benih bisa tumbuh dengan cepat. Perawatan dijalankan dengan penyiraman tiap tiap sore serta pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, perlu dilakukan seleksi bibit yang tidak dapat tumbuh dengan baik. sesudah berumur kurang lebih 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dijalankan lewat cara tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, butuh dijalankan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar memerlukan naungan. Oleh karena itu, mesti dipersiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. umumnya dipakai akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini hanya bersifat sesaat kira-kira 2 th.. sehabis damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini bisa ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan di muka musim hujan sebagai waktu baik untuk menanggung ketersediaan persediaan air hingga bibit dapat tumbuh dengan baik hingga pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus benar-benar diseleksi bibit yang siap tanam dengan situasi yg baik. Penanaman harus dikerjakan dengan hati-hati biar bibit tdk rusak, khususnya sementara menyobek polibag biar jangan sampai merusak akar pohon.
utk penanaman tanaman sela, ditunaikan sama sesuai keperluan tanam tanaman sela yang diambil. Pemilihan tanaman sela mesti ditunaikan dengan memerhatikan perputaran tanaman. sistim tumpang sari seperti ini mau memberikannya kegunaan lebih pada petani lantaran dapat beroleh pendapatan dari tanaman sela selama tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dilakukan adalah penyulaman bila ada pohon yg mati serta penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dikerjakan diawal masa tanam hingga lebih dari satu minggu. buat penyiangan gulma, pada prinsipnya hanya dibutuhkan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta telah tidak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yang ada disekelilingnya. tapi akan lebih baik sekiranya penyiangan dijalankan lebih teratur agar lantai hutan lebih bersih hingga akan tambah mudah dalam perawatan tanaman sela dan kala panen nanti.

pemanfaatan tanaman sela rata-rata tidak terlalu lama, kisarannya merupakan umur 4 tahun. Selagi masihlah ada tanaman sela, pohon damar tidak perlu diberikan pupuk. sehabis tak ada tanaman sela, barulah diberi pupuk buat menjamin ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan maksimal.


Pohon Kayu Damar Laut


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Damar Adalah

Mengapa Pohon Damar Terancam Punah