Budidaya Pohon Damar

Budidaya Pohon Damar


Budidaya Pohon Damar - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, adalah di antara pohon asli Indonesia dan penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yg lalu diproses jadi kopal dan dijadikan bahan baku beraneka industri. Pohon damar (Agathis dammara) ialah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tapi saat ini udah dibudidayakan di berapa tempat lain termasuk juga di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemakaian arti damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dipakai untuk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. dan getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering disebut yaitu kopal. Selain itu, pemakaian arti kayu damar tambah difungsikan utk penyebutan kayu dari pohon style Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjual-belikan sebagai kayu Agatis.

ciri pohon damar punyai batang pohon dengan ukuran bisa meraih lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar dapat menggapai lebih dari 1 mtr.. area luar kayu juga akan ditumbuhi oleh bermacam style pegagan dengan warna yg lebih tua. Daun pohon damar memiliki sifat bentuk lonjong serta meruncing di sisi ujung kecil dengan ukuran seputar 2 sampai 8 cm. pohon ini juga menghasilkan biji dengan ukuran lebih kurang 7-9 cm untuk diameter.


Budidaya Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Budidaya Pohon Damar


Budidaya Pohon Damar


Damar atau resin bagi beberapa orang merupakan di antara zat asing yang barangkali pemakaiannya tidak dapat disadari secara langsung. Pada dasarnya ada dua model resin yang dihasilkan dari pohon damar, yaitu model resin yang padat dan cair. Resin padat sejujurnya datang dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tidak punyai aroma yg khas seperti tipe resin cair. dibawah berikut ini yaitu lebih dari satu kegunaan damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar bisa diperlukan sebagai salah satunya bahan untuk membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki sifat dan karakter yg dapat hasilkan bubuk kertas memiliki kualitas. Bahkan style bubuk kertas yg dihasilkan dari pohon damar punyai tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar juga banyak dimanfaat untuk bahan membuat kontruksi tempat tinggal.

2. jadi Produk Industri

Damar banyak pula jadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar akan diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah juga akan dilewatkan menumpuk serta jadi kering pada tempat pribadi. Luka sayatan buat keluarkan getah dapat dibuat tiap tiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. Setelah itu getah yg sudah jadi kering bakal diambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yg dihasilkan dari pemrosesan getah banyak dipakai buat buat bermacam product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak juga dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar punyai pembawaan pohon yg gampang diketemukan dan dapat ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yg telah besar kebanyakan bisa buat perlindungan kerusakan tanah dan menghindar kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang didapatkan dari getah yang udah mengeras juga di kembangkan menjadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika menjadi salah satunya peneliti yang mengambil subjek pengobatan dengan damar. Getah damar punyai diantara satu model enzim yg dapat jadi perantara untuk memperbaiki memori serta menambah rasa nyaman untuk pasien penyakit gangguan memori.

5. Obat untuk HIV

Getah dari pohon damar juga memiliki kandungan diantara satu senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikannya pengaruh yang benar-benar besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat ditemukan dalam pohon damar jadi getah damar dapat jadi obat yg sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dulu getah damar dapat juga menjadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa membuahkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti style bahan bakar lain. Bukan tidak bisa satu waktu dapat terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak dipakai menjadi diantara komponen resin aromatik. Produk ini bisa jadikan untuk buat obat khusus untuk menahan nyamuk, obat – obatan buat jamur dan beragam jenis product beda.

8. Obat tradisionil

Pada masa dulu orang tua kerap memanfaatkan damar jadi tanaman obat untuk menangani beragam type penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, permasalahan pada telinga serta sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yang khas dari damar masih tetap dikembangkan menjadi obat-obatan termasuk obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga digunakan jadi salah satu bahan pewarna alami. Batik tradisional kerapkali memakai bahan damar untuk obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri utk buat cat, lilin dan berbagai bahan pewarna beda.

Keuntungan Memakai Damar



Damar atau resin yg didapatkan dari pohon damar benar-benar mempunyai faedah yg sangatlah besar buat industri. Resin atau damar banyak diperlukan menjadi bahan industri termasuk zat pewarna serta bermacam tipe obat-obatan. di bawah ini merupakan sebagian keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

secara prinsip resin merupakan bahan yg benar-benar aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak berdampak pada lingkungan serta gampang dikendalikan. ongkos industri untuk pengolahan damar atau resin termasuk dalam cost yang rendah hingga bisa memberi dukungan perubahan industri. karakter kimia dan mekanik yg ditemukan pada bahan damar sangat untungkan untuk lingkungan makanya dapat dikembangkan.

Resin atau damar masihlah dapat diperkembangkan jadi bermacam type obat-obatan yg bermanfaat buat manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan Lokasi

tempat yg tepat utk tumbuhnya pohon damar yaitu ruangan di ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., dan punyai tanah yg subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dijalankan dari biji atau dari anakan yang ada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan karena kualitasnya lebih baik. buat pembibitan lewat biji, dibutuhkan biji tua berkualitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai didalam polibag berukuran ½ kilo yang telah di isi dengan tanah yang subur serta di beri pupuk. Polibag mesti disusun rapi di bawah naungan agar media semai tdk cepat kering dan benih bisa tumbuh secepatnya. Perawatan dilaksanakan dengan penyiraman setiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, butuh ditunaikan seleksi bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik. sesudah berusia kurang lebih 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa ditunaikan melalui langkah tumpang sari dengan tanaman sela berbentuk tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, perlu dijalankan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh sebab itu, mesti dipersiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. Biasanya difungsikan akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini hanya berbentuk sementara kira-kira 2 tahun. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman ditunaikan di awal musim hujan yang merupakan sementara baik buat menjamin ketersediaan supply air makanya bibit dapat tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman mesti benar-benar di ambil bibit yang siap tanam dengan situasi yang baik. Penanaman harus dilakukan dengan hati-hati biar bibit tak rusak, khususnya waktu menyobek polibag agar jangan sampai menyebabkan kerusakan akar pohon.
Untuk penanaman tanaman sela, dijalankan sama sesuai kepentingan tanam tanaman sela yg di ambil. Pemilihan tanaman sela mesti dikerjakan dengan menyimak perputaran tanaman. Sistem tumpang sari begini juga akan memberikan faedah lebih pada petani dikarenakan dapat mendapatkan pendapatan dari tanaman sela selagi menunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dilaksanakan yaitu penyulaman andaikan ada pohon yg mati serta penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilakukan diawal masa tanam hingga berapa minggu. utk penyiangan gulma, secara prinsip cuma diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta sudah tidak terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang berada disekitarnya. Tetapi akan tambah baik seandainya penyiangan dilakukan lebih teratur agar lantai rimba lebih bersih makanya akan tambah enteng dalam perawatan tanaman sela dan juga kala panen kelak.

Penggunaan tanaman sela rata-rata tidaklah terlalu lama, kisarannya yaitu usia 4 tahun. Selama masihlah ada tanaman sela, pohon damar tidak perlu diberikan pupuk. sehabis tiada tanaman sela, baru diberi pupuk utk menjamin ketersediaan nutrisi serta pohon damar bisa tumbuh dengan maksimum.


Budidaya Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Damar Adalah

Pohon Kayu Damar Laut

Mengapa Pohon Damar Terancam Punah